5 Ibu Negara Paling Cantik di Dunia

Cantik, menarik, cerdas dan berpengaruh. Kelima wanita yang menjadi pasangan hidup para pemimpin negara ini dikenal memiliki hal-hal tersebut. Karena itulah sejumlah media asing menobatkan wanita-wanita istimewa ini sebagai lima ibu negara paling cantik di dunia saat ini:

1. Ratu Rania (Yordania)
 
Bernama lengkap Rania Al Abdullah, kecantikan Ratu Yordania ini tak diragukan lagi. Wanita kelahiran Kuwait pada 31 Agustus 1970 tersebut, dinobatkan sebagai wanita paling cantik ketiga di dunia oleh majalah Harpers dan Queen pada tahun 2005. Istri Raja Yordania, Abdullah II itu juga pernah dua kali masuk dalam daftar 100 orang-orang paling berpengaruh di dunia versi majalah Forbes. Pada tahun 2005, Rania menempati urutan ke-81 dalam daftar tersebut dan naik ke peringkat 76 pada tahun 2009.

2. Asma al-Assad (Suriah)
 
Dengan kinerja tinggi di bidang investasi perbankan, wanita kelahiran London, Inggris pada 11 Agustus 1975 ini memiliki peran politik yang penting di Suriah ketika dirinya berpartisipasi dalam berbagai event politik dan diplomatik. Istri Presiden Bashar al-Assad ini disebut-sebut sebagai salah satu pembuat keputusan paling penting di negeri itu. Ibu negara lulusan universitas King's College London itu juga terlibat dalam organisasi amal dan badan kemanusiaan serta gerakan emansipasi wanita di Suriah.

3. Mehriban Aliyeva (Azerbaijan)
 
Ibu negara bernama lengkap Mehriban Arif qizi Aliyeva ini dikenal sebagai wanita yang modis dan selalu memperhatikan gaya busana yang dikenakannya. Selain kecantikannya, publik juga mengagumi kecerdasan istri Presiden Azerbaijan, Ilham Aliyev tersebut. Wanita kelahiran 26 Agustus 1964 tersebut merupakan lulusan universitas medis terkemuka Rusia, Sechenov Moscow Medical Academy.

4. Puteri Lalla Salma (Maroko)
 
Bernama lengkap Salma Bennani, wanita kelahiran 10 Mei 1978 ini dikenal cantik dengan rambut merah yag dimilikinya. Publik pun menyukainya karena kesederhanaan istri Raja Maroko, Mohammed VI tersebut. Dia berperan penting dalam pemerintahan Maroko dan juga mendirikan asosiasi pencegahan penyakit kanker, Cancer Prevention Association di Maroko untuk membantu masyarakat mencegah penyakit kanker.

5. Michelle Obama (Amerika Serikat)
 
Istri Presiden Barack Obama ini dikenal sangat sadar fesyen. Banyak yang menyebutnya sebagai First Lady paling menarik di AS sejak mendiang Jacqueline Kennedy. Dengan kecantikan dan gaya busananya yang menarik, Michelle setiap tahun masuk dalam daftar 100 wanita paling cantik di dunia versi majalah People.