5 Mobil Polisi Terdahsyat

Mengejar penjahat adalah pekerjaan polisi yang berbahaya. Aksi kejar-kejaran di jalanan pun kadang terjadi. Namun di beberapa negara, polisi dibekali mobil-mobil super untuk menangkap penjahat yang mencoba kabur. Mobil super apa saja yang pernah bertugas sebagai mobil polisi?

Mengejar penjahat selain membutuhkan keberanian lebih, polisi tentu membutuhkan tunggangan yang mampu berlari cepat. Sebab, terkadang penjahat kabur dengan mobil cepat yang harus dikejar dengan mobil cepat pula.

Untuk itu, di beberapa negara, ada polisi yang bertugas dengan mobil dinas sebuah supercar macam Lotus, Ferrari atau Lamborghini dan Porsche. Apa saja mobil sport yang pernah bertugas jadi mobil polisi?

Berikut daftarnya yang disarikan dari berbagai sumber:

1. Porsche 911

 
Mobil yang merupakan seri 997 ini digunakan oleh kepolisian Austria untuk berjaga-jaga. Tercatat mobil ini ketika dilahirkan Porsche memiliki dua pilihan mesin yakni mesin 3.6 liter berkekuatan 325 PS dan mesin 3.8 liter bertenaga 355 PS.

Dengan mesin itu, mobil ini pun mampu berakselerasi dari diam sampai 97 km/jam hanya dalam waktu 4,2-4,2 detik saja. Tubuh kompak dengan mesin berakselerasi tinggi tentu membuat mobil ini lincah selap-selip menangkap penjahat.

Terlebih mobil ini mampu berlari hingga kecepatan 284 km/jam. Dengan begitu, penjahat pun akan terkejar.

2. Lamborghini Gallardo
 
Berkelir biru-putih dengan tulisan Polizia, mobil polisi Italia yang disumbangkan oleh Lamborghini ini tampak menakutkan bagi penjahat yang ingin melarikan diri,

Bukan apa-apa, sebab di jantung mobil ini hadir mesin V10 berkapasitas 5.2 liter yang berkekuatan hingga 550 tenaga kuda yang membuatnya mampu melaju dari diam sampai 100 km/jam hanya dalam waktu 3,9 detik saja.

Bila tahu kekuatan mobil ini dan si penjahat masih nekat melarikan diri, mobil ini pun mampu dipacu hingga mencapai topspeed 320 km/jam.

3. Lotus Exige

img 
Bertubuh kompak dengan bobot yang ringan, Lotus Exige menjadi mobil polisi di Inggris. Mobil ini bisa melaju dari 0- 100 km/jam hanya dalam waktu 4,2 detik saja. Sedangkan untuk mengerem dari 100 km per jam sampai berhenti membutuhkan waktu 2,2 detik saja.

Kemampuan tersebut di dapat berkat adanya mesin 1,8 liter super-chargede 2ZZ-GE alumunium construction 4 cylinders in-line, VVTL-iDOHC, 16 valves, transverse mid-mounted di jantung mobil ini.

Mesin tersebut mampu melahirkan tenaga sekitar 240 bhp di 7.800 rpm dengan torsi maksimum 230 Nm di 5.500 rpm

4. Spyker C8 Spyder

 
Mobil Spyker C8 Spyder ini digunakan oleh kepolisian Belanda. Selain memiliki tampang yang unik dengan pintu gunting ala Lambo, kekuatan mobil ini juga cukup menakutkan.

Dari mesin 4.2 liter yang diusungnya tercipta tenaga hingga 500 hp. Mesin V8 itu menggunakan transmisi manual enam percepatan. Dengan kekuatan sebesar itu, kecepatan 300 km/jam pun bisa dicapai.

5. Ferrari 612 Scaglietti

 
Mobil ini digunakan oleh polisi Inggris. Dalam sejarah Ferrari, mobil ini termasuk mobil dengan mesin V12 terdahsyat karena mampu digeber hingga kecepatan 315 km/jam.

Scaglietti juga merupakan mobil kedua Ferrari setelah 360 Modena yang keseluruhan bodi dan chasis space frame-nya dibentuk menggunakan materi aluminium. Konstruksi ini sanggup memangkas bobotnya hingga 60kg sehingga bisa meningkatkan kualitas handling dan kenyamanan.

Ferrari Scaglietti 612 memiliki mesin berkapasitas sekitar 6 liter –tepatnya 5.748cc- dengan konfigurasi V12. Atau jika ingin lebih rumit lagi, konfigurasi ke 12 silindernya -4 katup per silinder- tertata dengan sudut kemiringan 650 serta tenaga 533hp.

Sumber