Ini Alasan Seseorang Sulit Lupakan Mantan Pacar

Ini Alasan Seseorang Sulit Lupakan Mantan Pacar
Cinta yang terjalin dalam waktu yang tak sebentar membuat kenangan begitu mengikat. Tak jarang, ketika putus menjadi pilihan, segala bayang-bayang mantan pun sulit menghilang.


Tidak ada perpisahan yang mudah. Ada banyak kenangan jika Anda berpisah dengan pasangan, mulai dari lagu favorit sampai tempat nonkrong bersama. Tentu saja susah melupakan mantan pacar atau bahkan mantan pasangan dalam waktu semalam.


Studi baru oleh Friends Reunited (laman jejaring sosial) menunjukkan banyak dari kita tidak bisa melupakan pasangan begitu saja. Bahkan, sekira 21,6 juta orang Inggris masih menyimpan foto mantan kekasih atau pasangan mereka.


Wanita lebih sentimental daripada pria. Sekira 61 persen wanita mengklaim masih menyimpan foto mantan mereka karena tidak ingin melupakan kenangan masa lalu. Sedangkan hanya sekitar 50 persen pria yang masih menyimpan foto mantan pasangannya.


Namun, pria lebih banyak menyimpan perasaan daripada wanita. Mereka juga suka menyimpan rahasia dari pasangannya.


Satu dari lima pria (20 persen) yang masih berhubungan saat ini, masih menyimpan dan menyembunyikan foto-foto mantan mereka. Namun, mereka takut foto tersebut ditemukan oleh pasangan mereka saat ini. Sedangkan hanya sembilan persen wanita yang melakukan itu.


Kaum pria juga tampaknya memiliki lebih banyak beban dalam hati mereka. Sekira 17 persen pria mengatakan terkadang merasa bersalah karena masih menyimpan foto-foto mantan pasangan mereka, sedangkan wanita hanya 11 persen.


Lebih dari satu dari sepuluh pria yang masih menyimpan foto mantan pasangan mereka (12 persen) mengakui bahwa mereka masih memiliki perasaan untuk mantan mereka, dibandingkan wanita yang hanya lima persen, seperti dilansir Dailymail.


Corinne Sweet, psikolog perilaku berkata, “Tidaklah mengherankan bahwa hampir setengah dari kita menyimpan beberapa jenis kenang-kenangan visual dari mantan pasangan. Foto menghasilkan emosi yang kuat karena melepaskan kenangan dari keterikatan masa lalu dan waktu. Alasan utama orang menyembunyikan foto mereka (terutama pria) mungkin karena rasa takut akan kecemburuan pasangan mereka saat ini, atau akan membangkitkan perbandingan dalam hal daya tarik dan keseksian antara pasangan yang sekarang dengan sang mantan, dan lain-lain.”


Secara emosional, pasangan yang berpikiran dewasa akan dapat menerima bahwa Anda memiliki masa lalu dalam hubungan percintaan.


“Titik di mana orang dapat membuang foto mantan pasangan (setelah perceraian, putus atau kematian) biasanya pada saat mereka secara emosional siap untuk melanjutkan hidup baru. Namun, dapat dimengerti bagi orang yang menyimpan foto untuk mengingatkan mereka tentang cinta sebelumnya, karena foto membentuk cerita hidup kita, baik cerita yang lebih baik maupun buruk,” lanjut Sweet.


Sebagian dari kita (48 persen) menyimpan foto mantan pasangan atau foto-foto kenangan bersama mantan di album foto lama, tetapi yang lain (31 persen) menyimpannya di lemari dan laci, atau di loteng (12 persen). Sembilan persen pria mengatakan bahwa mereka sengaja menyimpan foto dalam filetersembunyi di komputer mereka.


Matt Bushby, Kepala Friends Reunited berkata, “Kita semua memiliki foto dari masa lalu kita yang ingin kita simpan, apakah kita ingin membaginya dengan orang lain, atau untuk konsumsi pribadi. Foto lama sering menjadi yang terbaik. Mereka membawa kembali kenangan dari masa lalu, bahkan kenangan yang tak sengaja terlupakan.”


Berikut ini alasan kita masih menyimpan foto pasangan:
  • Merupakan bagian dari hidup dan masih enggan untuk melupakannya
  • Foto-foto itu membawa kembali kenangan indah.
  • Tidak suka membuang foto.
  • Mereka mengingatkan saya pada sebuah acara/event spesial.
  • Saya terlihat bagus di foto itu.
  • Foto-foto itu membuat saya tertawa.
  • Saya masih memiliki perasaan untuk mantan saya.
  • Saya pikir kami dapat kembali bersama suatu hari nanti.
  • Bisa menggunakannya untuk melawan dia suatu hari nanti.
Sumber : Okezone