Teman Sedang Patah Hati? Lakukan Ini

detail berita
Menghibur teman yang sedang patah hati memang bukan perkara mudah. Pasalnya, terkadang kita juga ikut merasa emosional dengan kondisi mereka.

Namun, daripada membuang energi untuk mengungkapkan perasaan emosional Anda, lebih baik lakukan hal positif yang tentunya akan membantu teman Anda keluar dari masalahnya. Berikut hal-hal yang bisa Anda lakukan untuk menghibur teman setelah mereka putus cinta, seperti dikutip Yourtango.

Jadilah pendengar yang baik
Ketika seorang teman mengalami patah hati, biasanya yang dibutuhkan hanyalah seseorang yang bisa mendengarkan curahan hati mereka dengan tulus. Tentunya tanpa pendapat yang bisa menghakimi atau mengkritik dan memberikan saran yang memojokkan dan justru akan membuatnya kembali terpuruk. Untuk itu, Anda sebagai teman, sebaiknya selalu berada di dekatnya dan berikan kenyamanan saat dia membutuhkan.

Tidak Menjelekkan mantannya
Mendengar keluh kesah teman yang baru saja putus cinta, mungkin akan membuat Anda lebih emosional karena telah membuat teman Anda terluka. Namun, Anda harus bisa menahan diri dengan keinginan itu. Pasalnya, Anda lebih berperan sebagai seorang teman yang bisa membantunya untuk mengatasi masalah dan memberikan semangat untuk kembali meraih kehidupan barunya yang lebih baik. Namun, jika Anda ikut menjelekkan mantan kekasihnya, yang mungkin Anda anggap sebagai solidaritas, tentu justru akan membuat masalahnya menjadi semakin rumit, dan Anda pun juga jadi membenci orang dan menambah musuh untuk diri Anda sendiri.

Lebih baik cepat bertindak
Saat membantu teman yang sedang patah hati, tindakan lebih berguna dari ucapan belaka. Hiburlah dia dengan mengajaknya ke tempat yang menyenangkan, seperti bioskop, restoran, atau mal. Dengan begini, tentunya sedikit demi sedikit bisa membantunya untuk melupakan kisah cintanya yang telah kandas.

Punya waktu untuknya
Luangkan sedikit waktu untuknya. Misalkan ketika akhir pekan, kesampingkan dulu kepentingan pribadi Anda. Temuilah teman Anda di rumahnya, habiskan waktu bersama-sama dengan saling mengobrol, menonton televisi, memasak atau mungkin membantunya menyingkirkan barang yang berhubungan dengan mantannya. Cobalah lakukan dalam beberapa hari supaya teman Anda tahu kalau ada orang lain yang mendukungnya saat senang ataupun sedih. Tentunya ini akan membantu dia bisa pulih secara mental untuk menjalani kehidupan selanjutnya.