10 Fakta Tentang Diet

Diet dan berat badan ideal adalah dua pasangan yang tak terpisahkan dalam rangkaian proses dan hasil ketika ingin mewujudkan tubuh sehat dan menarik
tetapi apa benar jika kita sudah melalui proses diet lantas kita sudah pasti akan mendapat berat badan ideal? eits belum tentu…. karena bisa jadi pola diet kita hanya mengikuti nafsu atau mitos semata
lantas pola diet apa yang sebenarnya dianjurkan dan menyehatkan? mari simak beberapa poin dibawah ini untuk mengetahui fakta-fakta seputar diet yang saya rangkum dari berbagai sumber (buku, artikel, dan majalah).
1. Diet itu mindset, karena itu sebelum memutuskan untuk diet, ubah dulu mindset anda, jangan ada keterpaksaan dalam diet, lakukan karena sepenuhnya anda ingin melakukannya.
2. tidak makan saat jam makan kita tiba sebenarnya justru memperburuk kesehatan dan efektifitas diet anda, karena berhenti makan berarti memerintahkan tubuh untuk stop metabolisme yang berujung pada proses metabolisme anda kedepannya akan lebih lambat.
3. Apabila metabolisme melambat maka proses menghasilkan energi akan melambat juga, akibatnya tubuh kekurangan tenaga (energi) dan zat gula yang tidak termetabolisme akan bertumpuk didalam tubuh menjadi cadangan energi (lemak).
4. Banyak orang berdiet dengan cara menetapkan pantangan terhadap suatu makanan, padahal tubuh tetap membutuhkan nutrisi dari makanan tsb yang apabila kekurangan maka akan menimbulkan masalah kesehatan baru bagi tubuh kita.
5. Porsi makan yang terbaik saat diet adalah:
  • pada saat sarapan: asupan kalori tinggi agar tubuh memiliki energi extra untuk menjalani aktifitas hingga siang hari.
  • saat makan siang: kurangi sedikit porsi kalori tetapi ditambah dengan asupan serat dari sayur dan buah.
  • Ketika makan malam: porsi sedikit dan kalau bisa hindari makan berat yang mengandung karbohidrat tinggi.
6. Dalam suatu hadis, Rasulullah SAW pernah bersabda sambil membawa ruthab dan semangka:
“Aku mendinginkan yang panas ini (ruthab) dengan yang dingin ini (semangka) dan memanaskan yang dingin ini (semangka) dengan yang panas ini (ruthab)”. 
Yang berarti rasulullah menyarankan kita untuk memvariasikan/menganekaragamkan gizi yang masuk kedalam tubuh kita.
7. Berbagai penelitian telah menunjukkan untuk menurunkan berat badan tidak dengan cara mengharamkan(mentapkan pantangan) terhadap suatu makanan, tetapi dengan makan secara seimbang. Ini sejalan dengan sabda nabi Muhammad SAW: “Penyebab utama dari timbulnya penyakit adalah memakan makanan yang satu melebihi makanan yang lainnya”.
8. Dalam buku Ath-thiib an Nabawy yang ditulis oleh As-Suyuthi dijelaskan bahwa air dingin ternyata berbahaya untuk kesehatan, air dingin berbahaya bagi organ pernafasan terutama setelah makan makanan yang panas dan manis atau setelah mandi air panas. Selain itu dalam konteks diet, air dingin juga berbahaya karena mengganggu kinerja enzim pencernaan kita sehingga pada akhirnya memperlambat proses pencernaan yang akan berujung pada perlambatan metabolism (lihat poin 3).
9. Dalam tata cara meminum air, Rasulullah SAW menyarankan agar kita jangan meminum air dengan sekali teguk hingga habis, melainkan dengan meneguknya secara perlahan, seteguk demi seteguk karena akan lebih menyehatkan, menyegarkan, cepat hilangkan dahaga, serta penyerapan air bagi tubuh akan lebih baik.
10. Kebanyakan orang yang berdiet itu anti makan malam, padahal tidak makan malam berarti mempercepat proses penuaan dan menyebabkan tidur yang kurang nyenyak.Hal ini sejalan dengan sabda Rasulullah: “Makan malamlah kamu walau dengan sebutir kurma” jadi jangan ragu lagi untuk makan malam yah.
Begitulah sepuluh fakta seputar diet, adapun jika terdapat tambahan akan saya share pada artikel berikutnya, selamat mengamati dan semoga menyadarkan anda untuk lebih membenahi tata cara diet anda.
Sumber

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

Mohon laporkan apabila ada gambar rusak, link mati atau salah penulisan sumber di kolom komentar dibawah ini.