5 Alasan Mengapa Liburan Menyehatkan

Tinggalkan dasi, sepatu high heels, laptop, atau tumpukan pekerjaan Anda. Rencanakan liburan sekarang juga demi kesehatan. Beberapa penelitian ilmiah menunjukkan mengapa kita wajib mengagendakan liburan di sela rutinitas.

1. Menurunkan risiko penyakit jantung
Menurut penelitian yang melibatkan 13.000 orang yang beresiko tinggi terkena serangan jantung, mereka yang secara rutin berlibur setahun sekali risikonya terkena penyakit jantung turun sampai 29 persen. 

2. Memperpanjang usia
Studi yang sama juga menemukan orang-orang yang suka berlibur memiliki risiko kematian lebih rendah 17 persen dibanding mereka yang terus berkutat dengan kesibukannya.

3. Membuat bahagia
Para peneliti di Belanda menemukan bahwa berlibur meningkatkan rasa bahagia, bahkan sejak kita mulai merencanakannya. Studi yang dimuat dalam jurnal Psychosomatic Medicine tahun 2009 menyebutkan, berlibur dan aktivitas waktu luang lainnya memberi kita pandangan yang positif akan segala hal dan menurunkan tingkat depresi.

4. Mempererat hubungan
Tim dari Rural Women's Health Study mengungkapkan adanya kaitan langsung antara frekuensi berlibur dengan kepuasan pernikahan pada pasangan yang sudah menikah lama. Makin menyenangkan liburan yang dilakukan, makin bahagia mereka di rumah.

5. Meningkatkan produktivitas
Berbagai penelitian pada pekerja menunjukkan, mengambil cuti untuk berlibur bermanfaat untuk memulihkan diri dari stres. Seperti diketahui, stres yang bisa diatasi akan meningkatkan produktivitas kerja.

Sumber

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

Mohon laporkan apabila ada gambar rusak, link mati atau salah penulisan sumber di kolom komentar dibawah ini.