5 Fakta Tentang Planet Mars

detail berita
WASHINGTON - Kendaraan penjelajah planet besutan NASA, Curiosity baru saja mendarat di Mars pada Minggu malam. Planet tetangga Bumi ini telah menjadi objek utama penjelajahan luar angkasa selama berpuluh tahun.

Alasan berbagai penjelajahan luar angkasa ke planet ini sebagian adalah karena iklimnya pada 3,5 miliar tahun lalu, diyakini hangat dan basah layaknya bumi di masa awal.

Namun ada fakta lain mengenai planet ini. Berikut adalah lima fakta lain Mars seperti dilansir Associated Press, Selasa (7/8/2012).

1. Warna
Nama lain Mars adalah Planet Merah. Alasan penjulukan menggunakan nama tersebut adalah pemandangan di planet ini. Mars tampak berwarna merah-karat karena debunya yang kaya dengan besi.

2. Bobot Jadi Ringan

Gravitasi di Mars hanya sekira 38 persen dibandingkan gravitasi di Bumi. Ini bisa membuat bobot tubuh orang yang berada di sana jadi lebih ringan ketimbang di Bumi. Misalnya, Anda memiliki bobot 150 kilogram di Bumi, di Mars sana, bobot Anda akan berkurang menjadi 57 kilogram.

3. Panas dan Dingin

Suhu di Mars bisa bervariasi mulai panas sampai sangat dingin. Di garis khatulistiwanya, suhu Mars bis amencapai 80 derajat sedangkan di kutub suhunya bisa mencapai minus 199 derajat.

4. Udara Berbeda

Atmosfer di Mars berbeda dengan Bumi. Atmosfer Planet Merah tersebut sebagian besar terdiri dari Karbondioksida dengan sedikit nitrogen dan argon. Sementara itu, atmosfer Bumi merupakan campuran dari nitrogen, oksigen dan gas lainnnya.

5. Hari Lebih Panjang

Satu hari di Mars berbeda dengan di  Bumi. Satu hari di planet merah tersebut lebih lama sekira 40 menit ketimbang satu hari di Bumi.
Sumber : Okezone

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

Mohon laporkan apabila ada gambar rusak, link mati atau salah penulisan sumber di kolom komentar dibawah ini.