5 Minuman untuk Menghalau Racun

Proses detoksifikasi diperlukan tubuh untuk mengurangi atau mengeluarkan kadar racun di dalam tubuh dengan cara menyertakannya dalam urine ataupun dalam bentuk feses. 

Selain dengan jenis makanan sehat, ternyata ada beberapa di antaranya jenis minuman yang mampu membantu tubuh untuk memaksimalkan kerja detoksifikasi. Berikut di antaranya seperti yang dikutip dari Times of India

1. Air putih : meski sederhana, air putih merupakan pilihan termudah untuk proses detoksifikasi. Menurut Dr. Poonam Rathod, air putih mampu membersihkan sistem pencernaan dengan cara menghilangkan racun dan sisa-sisa makanan yang menempel di usus. Dengan demikian, usus menjadi kembali bersih dan hal ini pastinya akan membantu proses detoksifikasi. 

2. Air kelapa : air kelapa merupakan salah satu jenis minuman yang bisa langsung dikonsumsi tanpa harus mengalami proses pemasakan. Secara alami air kelapa mendetoksifikasi tubuh dengan cara membersihkan saluran pencernaan. Menurut Dr. Rathod, air kelapa memiliki khasiat untuk mengusir virus maupun bakteri dalam saluran pencernaan. Selain itu, rajin mengonsumsi air kelapa juga akan meningkatkan kekebalan tubuh dan menjaga tubuh untuk tetap terhidrasi. 

3. Jus labu : jus labu dipercaya menjadi obat alami untuk masalah pencernaan dan mengurangi tingkat keasaman karena tingkat basa yang dimilikinya. Labu juga mengandung limpahan serat sehingga baik untuk organ pencernaan. 

4. Teh hijau : teh hijau merupakan antioksidan alami yang mengandung polifenol yang berkhasiat mengatur tingkat glukosa dalam darah. Polifenol berkontribusi untuk menghambat pergerakan glukosa ke dalam sel-sel lemak, sehingga mencegah lemak masuk ke dalam aliran darah. 

5. Jus jeruk : jeruk merupakan sumber vitamin C yang dikenal berkhasiat untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Jeruk kaya akan flavonoid, antioksidan yang menjaga sistem kekebalan tubuh manusia dari serangan penyakit dengan cara melawan kuman dan bakteri penyebab penyakit.

Sumber