5 Tanda Penuaan Dini

5 Tanda Penuaan Dini
Penuaan dini atau skin aging. Sering mendengar istilah tersebut? Sebenarnya apa sih penuaan dini itu?
Penuaan dini adalah proses dari penuaan kulit yang lebih cepat dari seharusnya, demikian seperti dikutip dari Mediacastore.com.
Tak dapat dipungkiri, seiring bertambahnya usia, kulit pasti akan menua. Namun, dalam penuaan dini, kulit akan menua sebelum waktunya. Semisal, munculnya keriput di beberapa bagian wajah, spot-spot hitam, atau munculnya garis-garis halus.
Penuaan dini ini disebabkan oleh berbagai faktor, baik internal maupun eksternal. Faktor internal seperti misalnya: ada gangguan di dalam tubuh, kurangnya asupan nutrisi, dan lain sebagainya. Faktor eksternal seperti misalnya: seringkali terpapar sinar matahari tanpa perlindungan kulit, karena asap rokok, dan lain sebagainya.
Nah, mari kita cek apakah kulit Anda juga mengalami penuaan dini. Berikut adalah lima tanda apabila kulit mengalami penuaan dini:
1. Anda tak pernah pergi keluar tanpa mengenakan concealer atau foundation
Nah, tanda pertama ini sebenarnya tanda yang seringkali ditemukan pada sebagian besar wanita. Ia tahu bahwa kulitnya perlu ditutup dan dikoreksi dengan foundation atau concealer, dan ini terjadi setiap hari.
Apabila tidak ada dua produk kosmetika tersebut, maka kepercayaan diri akan kurang, dan bahkan membuat enggan keluar.
2. Pelembab hanya efektif beberapa jam saja
Bila Anda merasa kulit Anda kering padahal sudah memakai pelembab, maka kemungkinan pertama adalah pelembab Anda kurang efektif. Tetapi apabila Anda sudah yakin dengan kemampuan pelembab Anda, maka ada masalah dalam kulit Anda.
Saat kulit mengalami penuaan dini, maka kelembabannya akan berkurang drastis. Terlihat kering dan tidak kenyal.
3. Anda takut tersenyum di depan kamera
Saat sedang asyik berfoto dengan teman-teman, Anda akan memilih bersembunyi di belakang dan menyimpan senyum. Mengapa? Karena Anda tahu apabila Anda tersenyum garis-garis di atas bibir akan sangat kentara.
4. Kulit yang mulai keriput
Bila jumlah kolagen di dalam kulit berkurang, maka kulit akan mulai keriput. Umumnya hal ini sangat kentara terlihat di bagian leher. Coba cek leher Anda, apakah ada bagian kulit yang terlihat keriput di sana?
5. Ada kerutan di bawah mata
Umumnya, kerutan di bawah mata ini muncul secara perlahan seiring bertambahnya usia. Apabila saat ini sudah banyak kerutan di bawah mata, nah ini juga termasuk salah satu tanda penuaan dini.
Bagaimana solusinya?
  • Rajin berolahraga akan sangat membantu metabolisme tubuh serta memperlancar peredaran darah sehingga nutrisi dapat tersalurkan lebih merata.
  • Memakai perlindungan untuk kulit seperti pelembab, sunblock, terutama saat beraktivitas di bawah sinar matahari.
  • Mencukupi nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan tubuh dan kulit.
  • Rajin minum air putih minimal 8 gelas setiap harinya.
  • Hindari merokok agar kulit dan tubuh tetap sehat.
Sumber : Vemale.com