Mengenal Jenis Ledakan Matahari

detail berita
WASHINGTON Solar flare atau ledakan Matahari adalah ledakan raksasa yang terjadi di Matahari. Ledakan yang berkaitan dengan badai Matahari ini melontarkan energi, cahaya dan partikel berkecepatan tinggi ke luar angkasa.


Ledakan Matahari ini terbagi menjadi beberapa jenis sesuai dengan besar kekuatannya. Paling rendah adalah kelas A, selanjutnya diikuti oleh kelas B, C, M dan X. Ini serupa dengan skala richter yang digunakan untuk mengukur gempa Bumi, setiap huruf mewakili peningkatan kekuatan sebesar sepuluh kali lipat. Demikian diwartakan Nasa, Selasa (31/7/2012).


Kelas C dan ledakan Matahari yang lebih kecil terlalu lemah untuk bisa memengaruhi Bumi. Namun, kelas M yang merupakan ledakan Matahari tingkat menengah berpotensi menyebabkan matinya gelombang radio di kutub dan badai radiasi kecil yang bisa membahayakan astronot.


Tingkatan X yang tertinggi merupakan ledakan Matahari dengan kekuatan terbesar. Ledakan di tingkat ini bisa menimbulkan badai radiasi yang berlangsung cukup lama.


Badai radiasi ini memiliki potensi untuk mengganggu satelit, sistem komunikasi dan teknologi yang berada di atas permukaan tanah. Namun, Bumi memiliki lapisan magnetosfer sebagai pelindung.


Biasanya, lapisan medan magnet yang menyelimuti Bumi ini sudah bisa menyerap radiasi berbahaya dari Matahari, serta mencegahnya menjangkau kehidupan di Bumi.
Sumber : Okezone