Tips Memilih Daging yang Sehat

Lebaran sebentar lagi tiba. Kebutuhan akan daging pun meningkat. Di pasar akan ditemukan berbagai jenis daging, tentunya dengan harga yang juga beragam. Namun begitu, Anda sebaiknya tetap jeli dalam memilih daging yang aman dan baik dikonsumsi. Banyaknya pasokan daging terkadang membuat kita kurang jeli dalam memilih daging berkualitas. 
Berikut beberapa tips yang dapat menghindarkan Anda dari kecurangan di pasar:
Untuk daging sapi, pilih yang berwarna merah terang/cerah, mengilat, tidak pucat, dan tidak kotor. Secara fisik, daging elastis, sedikit kaku, dan tidak lembek. Jika dipegang, akan terasa basah dan tidak lengket.
Berbeda dengan daging sapi, daging kerbau memiliki warna merah yang menuju ke arah gelap. Seratnya pun akan terasa lebih kasar dibandingkan daging sapi.
Daging unggas (ayam dan sebagainya) cenderung berwarna putih keabuan dan cerah, dengan kulit berwarna putih kekuningan dan bersih. Jika disentuh, daging akan terasa lembab, di tangan terasa dingin, tapi tidak lengket.
Jika daging lengket, itu tandanya daging telah mengalami pembusukan. Aromanya pun tidak menyengat, tidak berbau amis dan tidak busuk.
Daging domba dan kambing memiliki ciri yang hampir sama dengan sapi, namun berserat lebih kecil, serta memiliki aroma khas.
Sumber : Republika.co.id

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

Mohon laporkan apabila ada gambar rusak, link mati atau salah penulisan sumber di kolom komentar dibawah ini.