10 Kemampuan Tumbuh Kembang Bayi di Tahun Pertama

Banyak tahap perkembangan penting yang sudah dicapai bayi di tahun pertama kehidupannya ini. Bayi di seluruh dunia memiliki tahap-tahap  perkembangan yang sama. Kenali apa saja kemampuan tumbuh kembangnya sejak usia 0-12 bulan.

1. Tersenyum
Setelah dua bulan banyak begadang dan menangis, di usia sekitar 2 bulan bayi sudah mampu tersenyum kepada Anda. Suara ibunya yang diakrabinya atau saat Anda mengajaknya bercanda bisa memancing responnya untuk tersenyum.

2. Tertawa
Bila Anda mulai bosan dengan tangisan si bayi, sabarlah sedikit karena di usia 4 bulan si mungil itu akan mengeluarkan suara lain, suara tertawa.  Yang menyenangkan, bayi mudah tertawa. Saat Anda bermain "ciluk-ba", menggelitik atau memasang wajah lucu, ia akan langsung tertawa. 

3. Tidur sepanjang malam
Kemampuannya untuk tidur nyenyak sepanjang malam mungkin menjadi milestone bayi yang banyak ditunggu para orangtua baru. Pada umumnya bayi baru bisa tidur anteng semalaman di usia 4-6 bulan.

4. Duduk sendiri
Pada akhir bulan ke-5 bayi umumnya sudah mampu duduk dengan bantuan, entah dengan bersandar di bantal atau ditahan dengan tangannya sendiri. Si kecil biasanya baru mampu bangkit dari tidur dan duduk sendiri di usia 7 bulan.

5. Merangkak
Menginjak usia 7 bulan adalah masa sibuk Anda sebagai orangtua karena harus mengawasi si kecil yang sudah mulai aktif bergerak. Di usia 8 bulan bayi sudah mengembangkan kemampuannya menjadi merangkak dengan kaki dan tangannya, meski ada juga bayi yang merangkak memakai perut atau tidak merangkak sama sekali.

6. Melambaikan tangan
Kemampuannya untuk melambaikan tangan termasuk penting dalam milestone tumbuh kembangnya karena ini adalah ekspresi aktual dari bahasa. Di usia 9 bulan biasanya bayi mulai menemukan kaitan antara suara, gerak tubuh dan arti. Mereka memahami bahwa lambaian tangan berkaitan dengan kata "dadah-dadah". 

7. Memasukkan makanan dengan jari
Di usia 9-12 bulan, bayi sudah mengembangkan kontrol yang baik pada tangan dan jarinya sehingga mereka senang memunguti berbagai benda kecil. Di usia ini mereka juga senang mengeksplorasi rasa dan tekstur, sehingga semua yang dipegangnya juga akan dicoba oleh lidahnya. Karena itu awasi apa saja yang masuk ke dalam mulutnya.

8. Berdiri
Di usia 12 bulan kebanyakan bayi mampu berdiri sendiri tanpa bantuan. Mereka juga mulai berani melangkah meski sambil berpengangan ke tembok atau perabotan. Beberapa minggu atau bulan sebelum mereka mampu berjalan sendiri, bayi akan menghabiskan banyak waktunya untuk "merambat".

9. Berjalan
Ini merupakan milestone yang paling banyak diabadikan orangtua oleh kamera karena kapan ia bisa berjalan biasanya sudah bisa diprediksi dari kemampuannya "merambat". Namun tidak semua bayi bisa berjalan di ulang tahun pertamanya. Jarak yang normal adalah antara 9-17 bulan.

10. Bicara
"Mama", "Dada", adalah kalimat yang mungkin akan ia ucapkan pertama kali dengan jelas. Di usia setahun umumnya bayi mampu mengucapkan sedikitnya satu kata dengan jelas dan aktif menirukan berbagai suara.
Sumber : KompasHealth

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

Mohon laporkan apabila ada gambar rusak, link mati atau salah penulisan sumber di kolom komentar dibawah ini.