10 Tips Jika Anda Ingin Membeli TV

Kemajuan teknologi yang tidak mungkin terhentikan membuat kita selalu tergoda untuk memiliki alat elektronik dengan teknologi termutahir. Salah satunya adalah televisi. Tampaknya setiap bulan, ada saja model terbaru nan menarik hati. Supaya kita tidak langsung tergoda dengan model ataupun harganya, berikut 10 tips membeli televisi seperti dikutip dari Readers Digest

1. Belilah TV pada September atau Januari 
Karena, saat itulah model baru keluar dan harga model terakhir menjadi turun karena produksinya dihentikan.

2. Pertanyaan mendasar: LED, LCD, atau plasma? 
LED dan LCD menggunakan teknologi yang sama, tapi LED lebih tipis dan lebih mahal. LED juga bisa terlalu reflektif dalam ruangan yang terang. Adapun plasma memang lebih murah, tapi jenis ini lebih tebal daripada yang lain. 

3. Merek yang direkomendasikan 
Untuk LCD, pilih LG, Panasonic, Samsung, dan Sony. Mereka dinilai konsisten di antara yang terbaik pada peringkat oleh Consumer Reports. Untuk plasma, pilih Panasonic. 

4. Kekurangan layar datar 
Layar datar memang memiliki gambar yang indah, tapi suaranya sebagian besar kurang bagus. Jika Anda tidak mampu membeli sistem audio mahal, dapatkan speaker eksternal 

5. Televisi 3D 
Jangan gampang tergiur oleh TV berteknologi 3 dimensi. Karena tak ada konten untuk teknologi itu. Apalagi Anda masih harus memakai kacamata aneh. 

6. Trik pencahayaan toko 
Televisi di toko diletakkan pada tingkat keterangan untuk menarik mata Anda. Sesuaikan cahaya dengan kondisi rumah. 

7. Pengiriman TV 
Usahakan TV Anda dikirim dan diinstal pada hari yang sama. Jika ada jeda antara pengiriman dan penginstalan, dikhawatirkan akan ada sesuatu yang salah dan kita dikatakan sebagai pihak yang menyebabkan masalah. 

8. Tipis tidak selalu lebih baik 
Jika Anda akan meletakkan TV pada perabot, mengapa Anda membayar lebih untuk teknologi tertipis? 

9. Garansi 
Jika Anda memutuskan untuk memperpanjang garansi, tanyakan apakah garansi termasuk servis di rumah atau Anda harus membawanya ke suatu tempat, itu tentu akan memakan biaya lagi. Juga, tanya apakah garansi mencakup masalah seperti pengganti power-supply. 

10. Simpan kemasan TV 
Simpan boks dan styrofoam plastik yang di dalam kemasan. Jika Anda menemukan sesuatu yang tidak beres dan harus mengambalikan barang ke produsen, Anda tak akan kerepotan meminta garansi.

Sumber

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

Mohon laporkan apabila ada gambar rusak, link mati atau salah penulisan sumber di kolom komentar dibawah ini.