Apa yang Membuat Pernikahan Berumur Panjang?

Apa yang membuat sebuah pernikahan berumur panjang? Ini adalah pertanyaan yang coba dijawab para peneliti sosial selama bertahun-tahun. Sayangnya, hasil temuan mereka tak pernah memuaskan. 

Para peneliti tidak benar-benar tahu, mengapa sepasang suami-istri bisa bersama selama lima atau bahkan enam dekade.

Karl A. Pillemer, Ph.D merupakan seorang professor bidang Human of Development di Cornell University, yang juga menulis 30 Lessons for Living: Tried and True Advice from the Wisest Americans. 

Ia memutuskan untuk mencari jawaban dari pertanyaan di atas pada lebih dari 1000 pasangan yang menikah. Ketika ditanya tentang apa yang membuat sebuah pernikahan bisa berumur panjang, kebanyakan pasangan menggunakan istilah "memberi dan menerima".

Komentar yang khas dari mereka adalah "Anda tidak bisa hanya memberi atau menerima, tetapi harus keduanya." 

Alvin, 87, yang telah menikah selama 63 tahun, juga menambahkan: "Jangan membagi urusan pernikahan dengan proporsi 50:50. Anggap saja 100 persen! Jika ingin pernikahan Anda langgeng, berikan 100 persen waktu Anda," seperti dilansir Huffingtonpost.com, (9/10).

Karl tampak terkejut dengan apa yang didengarnya. Albert, 80, bahkan mengatakan kepadanya: "Saya sudah menikah selama 59 tahun dan kami selalu bekerja sama. Itulah kuncinya."

Setelah melakukan survei, Karl pun menemukan bahwa ada sebuah konsep pernikahan yang membuat sepasang kekasih setia sampai mati. Konsep itu adalah "Ketika Anda bangun di pagi hari dan berpikir 'Apa yang bisa saya lakukan untuk membuat hari kami lebih bahagia?'" 

Hal ini akan memberi perbedaan besar dalam hubungan Anda. Jadi, mulailah berpikir tentang apa yang bisa Anda berikan untuk orang istimewa dalam hidup Anda.

Sumber : Merdeka.com

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

Mohon laporkan apabila ada gambar rusak, link mati atau salah penulisan sumber di kolom komentar dibawah ini.