Orang Ini Menderita Sindrom Susah Lupa

Foto : Aurelie Hayman (Orange)
CARDIFF - Aurelie Hayman, pelajar dari Cardiff, Wales, bisa mengingat secara detil tentang masa-masa remajanya. Hayman pun ingat makanan apa saja yang dimakan olehnya beserta peristiwa-peristiwa yang terjadi pada saat itu.

Pria berusia 20 tahun itu menderita hyperthymesia atau yang sering disebut dengan sindrom susah lupa. Hayman merupakan salah satu orang yang menyidap penyakit langka tersebut.

"Ketika saya berusia 14 tahun, saya sadar bahwa saya sanggup mengingat dengan baik akan peristiwa-peristiwa yang terjadi bertahun-tahun silam," ujar Hayman, seperti dikutip dari Orange, Rabu (26/9/2012).

Hayman pun ditanya, apa yang dilakukannya pada 1 Oktober 2006, dan Hayman menjawab, 1 Oktober 2006 adalah hari Minggu dengan kondisi cuaca berawan. Hayman mengatakan, dirinya mendengarkan lagu dari grup band The Killer yang berjudul When You Were Young. Namun dirinya diminta mematikan lagu itu oleh seorang gadis.

Pria berambut pirang itu juga mengingat hari sebelumnya di saat dirinya mengenakan kaos biru. Serta pada hari Kamis, aliran listrik di rumahnya mati.

"Tak ada metode atau teknik untuk mengingat. Saya tidak memperdulikan ingatan-ingatan saya. Ini sama saja dengan mencari dokumen yang ada di lemari saya secara cepat. Setiap hari tampil bak lukisan dan ada proses visual dalam hal ini," imbuhnya.

Menurut Hayman, kemampuannya dalam mengingat justru tidak memberikan efek positif ketika dirinya menghadapi ujian. Hal itu disebabkan karena ingatan kuatnya bersifat otobiografi dan tidak dapat membantu kegiatan akademisnya.

Sumber : Okezone
Baca juga : Ini Dia Manusia Anti Lupa.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

Mohon laporkan apabila ada gambar rusak, link mati atau salah penulisan sumber di kolom komentar dibawah ini.