6 Tips Instan untuk Menghilangkan Rasa Pedas di Mulut

6 Tips Instan untuk Menghilangkan Rasa Pedas di Mulut | Ngakmandi.blogspot.com
Pecinta makanan pedas tidak akan pernah jera menikmati sensasi rasa terbakar di mulut mereka. Namun bagi Anda yang kurang suka menikmati rasa pedas di mulut, segera lakukan hal seperti yang dilansir dari eHow ini untuk menghilangkannya secara instan.
Susu
Sebelum menikmati kuliner pedas, jangan lupa menyiapkan segelas susu sebagai penawarnya. Sebab susu memiliki senyawa bernama casein yang bersifat mengikat capsaicin yang merupakan pemberi rasa pedas pada cabai. Setelah terikat, rasa pedas dalam mulut pun ikut diguyur ke dalam lambung.
Es krim
Selain susu, Anda yang kepedasan juga sebaiknya cepat-cepat menikmati es krim. Sebab es krim setidaknya bisa mendinginkan mulut yang terasa terbakar. Kalau tidak suka es krim, Anda juga bisa menyantap yogurt demi menghilangkan rasa pedas.
Lemon
Sama seperti susu dan es krim, manfaatkan juga lemon atau buah-buahan asam untuk mengatasi rasa pedas. Istirahatkan mulut dan lidah sejenak dari rasa terbakar jika masih ingin menikmati makanan pedas.
Selai kacang
Selai kacang yang berlemak memiliki sifat seperti senyawa casein pada susu. Lemak tersebut mengikat capsaicin dan mendorong rasa pedas pada mulut hilang secara instan.
Nasi
Nasi atau roti mengandung glukosa yang bisa menyeimbangkan rasa pedas dalam mulut. Namun Anda tidak perlu mengunyah sepiring nasi hanya demi mengatasi rasa terbakar. Cukup kunyah agak lebih lama dari biasanya agar rasa pedas lekas hilang.
Mouthwash
Beberapa jenis cairan untuk berkumur atau mouthwash mengandung alkohol yang juga bisa digunakan untuk menghilangkan rasa pedas. Jadi Anda juga bisa memanfaatkan mouthwash jika ingin cepat-cepat mengusir rasa terbakar pada mulut.
Tips yang paling penting adalah hindari minum air saat kepedasan. Sebab capsaicin merupakan minyak dan sifatnya tidak akur dengan air. Makanya, minum air hanya akan membuat rasa pedas semakin menyebar dan mulut akan merasakan sensasi terbakar yang lebih parah.
Sumber : Merdeka.com

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

Mohon laporkan apabila ada gambar rusak, link mati atau salah penulisan sumber di kolom komentar dibawah ini.