Hari Ini Google Ulang Tahun yang Ke-14 Tahun

 
Google merayakan ulang tahunnya yang ke-14, Kamis (27/9/2012). 

Di halaman utama mesin pencari Google, nampak desain dekoratif bergambar kue tar cokelat yang di atasnya terdapat 14 buah lilin.

Alamat Google.com terdaftar sejak 15 September 1997. Di halaman Wikipedia, Google resmi menjadi perusahaan pada 4 September 1998.

Beberapa tahun silam, Google menetapkan tanggal 7 September sebagai hari perayaan ulang tahun. Namun, sejak 2005, tanggal 27 September dipilih sebagai hari perayaan dengan menampilkan desain dekoratif di halaman utama mesin pencari.

Google didirikan oleh dua sahabat yakni Larry Page dan Sergey Brin. Kala itu, keduanya membangun Google saat masih kuliah di Stanford University. 

Selain dua orang di atas, nama lain yang turut membawa Google sebagai perusahaan teknologi besar, adalah Eric Schmidt. Dia disebut-sebut sebagai pebisnis andal.

Enam tahun berstatus perusahaan privat, Google memilih untuk menjadi perusahaan publik, dengan melakukan penjualan saham ke publik pada 19 Agustus 2004 di bursa saham Nasdaq, New York, AS. 

Hari Senin lalu (24/9/2012), saham Google ditutup dengan harga 749,38 dollar AS. Harga saham ini adalah yang tertinggi sepanjang sejarah perusahaan Google.

Google memiliki banyak produk unggulan yang bisa dinikmati secara gratis. Antara lain mesin pencari, Google Maps, YouTube, GMail. Mereka berjualan iklan di produk-produk tersebut, sehingga mendatangkan banyak keuntungan bagi perusahaan.

Produk Google yang sedang berjaya saat ini adalah sistem operasi mobile Android. Menurut data IDC pada kuartal 2 tahun ini mencatat, Android memperoleh pangsa pasar 68% untuk smartphoneglobal. Jumlah ini empat kali lebih besar dibandingkan pangsa pasar iPhone besutan Apple yang meraih 17%.

Saat ini, Google sedang sibuk mengembangkan kaca mata pintar bernama Google Glass. Ini merupakan proyek masa depan Google, yang terobsesi membuat kaca mata seperti sebuahsmartphone yang dapat melakukan panggilan telepon, memotret fotomerekam video, yang dikendalikan dengan suara maupun touch pad.

Sumber : KompasTekno
Baca juga : Siapakah Penciptanya Google Doodle?.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

Mohon laporkan apabila ada gambar rusak, link mati atau salah penulisan sumber di kolom komentar dibawah ini.