Anak Ingin Jadi Superman Wajar Gak?

 
Anak-anak kecil biasanya mempunyai daya imajinasi yang tinggi. Jadi jangan kaget jika sewaktu-waktu mereka langsung mengatakan "mama aku mau jadi superman" atau ayah aku mau jadi princess". Anda sebagai orangtua jangan mematahkan begitu saja. Jika salah menjawab, semangat mereka bisa terpengaruhi.

Psikolog Rosdiana Setyaningrum mengatakan, cita-cita perlu ditanamkan sedini mungkin. Namun saat anak-anak usia 1-3 tahun mereka masih mempunyai impian seperti karakter di cerita kesukaan mereka. Dari kesenangannya itu, orangtua bisa sedikit demi sedikit memperkenalkan profesi yang bisa dicapainya.

Hal ini disampaikan Rosdiana dalam acara talkshow berjudul "Kenalkan Cita-cita Sejak Dini" di Jakarta.

"Sebenarnya sampai anak usia 4-5 tahun wajar (bercita-cita jadi Superman) karena mereka belum bisa membedakan mana yang khayalan mana riil," kata Rosdiana.

"Ada Princess, ada Superman, ada Ben10 itu wajar banget," tambahnya lagi.

Wanita yang disapa Dian itu menegaskan, cita-cita itu penting. Karena dengan mempunyai cita-cita anak-anak akan mempunyai keinginan untuk berhasil. "Jadi nggak pasrah begitu aja," jelasnya.

Anak-anak yang memiliki citai-cita akan belajar bahwa untuk mencapai keinginannya itu harus melalui proses. "Akhirnya bisa kita biasakan ke anak-anak segala sesuatu ada prosesnya dan dia harus belajar untuk menuju prosesnya," tegasnya.

Menurut Dia banyak fungsi memperkenalkan cita-cita kepada anak sejak dini. Salah satunya akan membiasakan mereka harus mempunyai target dan melalui prosesnya dengan belajar. "Bahwa nggak mudah tapi kalau mereka punya niat bisa mereka laksanakan," jelasnya.

Sejak ana umur 1-3 tahun, Dian mengimbau agar orangtua sudah mulai memperkenalkan profesi ke anak. Seperti saat ke rumah sakit, orangtua bisa sedikit-sedikit menjelaskan seperti apa tugas dokter, apoteker, atau suster, Sabtu (29/9/2012).

"Anak cepat terpapar dengan profesi dokter, mereka sering ke dokter. Pada saat itu kesempatan orangtua memperkenalkan profesi di rumah," ujarnya.

Dan ketika anak sudah beranjak 4 tahun biasanya mereka lebih aktif bertanya. Saat itulah orangtua bisa lebih dalam lagi menjelaskan macam-macam profesi.

"Usia 4-5 tahun mulai banyak tanya mulai bisa terangkan lebih detail dan bisa dengan permainan. Dalam permainan bisa memperkenalkan pekerjaan itu".

Dan saat memasuki usai SD, menurutnya, anak-anak sudah mempunyai satu atau dua cita-cita yang mantap. "Ini bisa kita pakai untuk membuat mereka ingin lebih berprestasi," pungkasnya.

Sumber : Liputan6.com

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

Mohon laporkan apabila ada gambar rusak, link mati atau salah penulisan sumber di kolom komentar dibawah ini.